08 January 2008

Mandi dulu

Mandi adalah suatu bagian yang harus kita lakukan, Kalou ingat kata ibuku dulu satu hari harus mandi dua kali, pagi hari dan sore hari. Tapi kebanyakan masyarakat Jepang hanya mandi satu kali dalam satu hari, begitu juga dengan aku sekarang cukup dengan mandi satu kali dalam sehari. Biasanya mandi di lakukan pada malam hari saja pada saat menjelang sebelum tidur, karena ada pemikiran orang Jepang sebelum kita naik ke atas kasur atau tempat pembaringan hendaknya kita benar benar bersih, dan segala hal yang kotor saat berada di luar rumah atau habis melakukan aktivitas yang lain lain dapat di bersihkan pada saat mandi. Dan saat bangun tidur juga badan masih terasa bersih dan di pagi hari tak perlu mandi lagi, cukup dengan gosok gigi dan cuci muka kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.
Adapun cara mandi yang biasanya di lakukan di Jepang ini:

1.
Rata rata rumah di Jepang memili "ofuro" (tempat mandi yang berupa bak besar yang mana semua badan bisa masuk semua)

Dan besar kicilnya ofuro tergantung kesukaan setiap orang dan kemampuan mebeli yang mana.

2.
Karena temperatur udara di Jepang dingin, setiap orang mandi menggunakan air panas. air panas di bikin menggunakan gas atau dengan listik.
Sebelum mulai mandi kita isi air panas kedalam ofuro dulu dan mengatur berapa drajat panas air yang di inginkan, Kalau sudah siap semua kita jangan masu ke dalam bak dulu, melainkan kita harus mandi bersih dulu, pakai samphoo, sabun, dan lalu bilas dulu, kalau sudah benar benar bersih barulah kita masuk ke dalam ofuro dan berendam. Dengan berendam dengan air panas ini bisa membuka pori pori dan membuat kulit menjadi halus, dan yang paling penting bisa mengambil capek dan lelah dan membuat badan jadi press and segar.


3.
Dan yang paling penting lagi sehabis mandi air yang ada dalam ofuro tidak di buang melainkan bisa di pakai mandi lagi, tinggal di panaskan saja. bukan itu saja rata rata orang jepang sisa air mandi tidak di buang melainkan bisa di pakai lagi untuk mencuci pakaian, air yang ada dalam bak di pindahkan kedalam mesin cuci. Hal ini sangat praktis bisa menghemat air.

8 comments:

Boris said...

Wah..baru tahu begitu toh cara mandi orang jepang haha..thx for the info

Satelite said...

yogi,..postingna bagus sekali.....
jadi tambah pengetahuan....
di singapur air dari mesin cuci juga saya tampung untuk ngepel lantai dan cuci kamar mandi :)

yosaku said...

私がフイリッピン船員と一緒に船に乗っていたときです。 日本人は仕事が終わったあとで風呂に入ります。 フイリッピン人は仕事に出かける前にシャワーを浴びました。 日本人は一日の疲れをとるために風呂に入りますが、フイリッピン船員は風呂に入ると疲れるので、仕事が終わったあとに入りたくないということでした。

yosaku said...

突然の訪問、びっくりされたと思います。
失礼しました。 インドネシア語の勉強のために時々、来ております。 ご了解くださいませ。 そのうちにインドネシア語でコメントを書けるようになりたいです。

Yogi said...

よさくさん コメントをありがとごさいます。わたしは かんじ を よめません だけど わたしの おくさん が よんでくれる。
わたしも いちばん さいしょ にほんに きた ときに まいあさ しゃわー を あびたかった ですけども すぐ かぜ ひきました。やぱりやめよう。 

Yogi said...

Satelit, makasih atas komennya.
Ternyata di singapur juga begituya. memampaatkan sisa air untuk di pergunakan lagi ya.

bram said...

mas yogi
wah seneng hidup di jepang...
gimana bisa saya dapat sponsor, bisa bantu ngga...

nonton tv said...

wahhh.. bak airnya kayak mesin cuci.
bentuknya lohhh