21 May 2007

Sampah

Gara gara sampah saya sering di bikin binggung, karena di Jepang ini sampah di bagi menjadi beberapa katagori seperti sampah yang bisa di bakar dan sampah yang tidak bisa di bakar, ada sampah yang bisa di daur ulang. Sewaktu buang sampah juga sudah ada kalender pembuangan, jadi sewaktu buang sampah harus cocok sama sekejul, dan yang paling penting buang sampah harus di bawah jam 10 pagi, karena mobil pengangkut sampah selalu ambil sampah tepat waktu di pagi hari. Apabila kita terlambat buang sampah kita harus tunggu lagi sampe sekejul berikutnya.
Sekarang pemerintah Jepang sangat serius menangani masalah sampah, dan negara ini ingin mengurangi jumlah sampah, dan sekarang di terapkan peraturan-peraturan tentang sampah.
Adapun contoh peraturan itu seperti ini ; Membeli plastik sampah yang di siapkan oleh pemerintah, dan uang hasil dari penjualan pelastik itu sendiri di pake untuk pengelolahan sampah, Harga plastik sampa ini lumayan mahal dan semua jenis dan warna plastik itu juga bermacam tergantung jenis sampahnya, jadi kita harus beli plastik sampah banyak, makannya buang sampah artinya juga buang uang jadi kita harus hemat pemakaian plastik sampah.
Salah buang sampah sering buat masalah untuk saya, karena pagi hari sewaktu berangkat kerja waktu itu biasanya saya buang sampah, kadang kadang saya salah bawa sampah ke tempat sampah dan saya harus lari kembali pulang tukar sampah, gara gara masalah itu saya sering terlambat masuk kerja..ketinggalan kereta lagi...............

Kalou tadi cerita tentang buang sampah di lingkungn rumah, waktu bung sampah di tempat tempat umum kita juga harus menyesuakan jenis sampah kedalam kotak sampah yang tersedia sesuai dengan jenisnya.


1 comment:

Anonymous said...

Andai indo seperti jepang yaa..