09 July 2007

Buang atau yang baru

Di Jepang ini ada banyak hal yang membingungkan buat saya, misalnya negara Jepang ini terus mempromosikan dan megumandangkan yang namanya ecologi dan mengurangi pembuangan sampah dan barang barang yang tidak di pakai lagi. Tapi kenyataan yang saya lihat banyak masyarakat Jepang yang suka membeli barang baru dan membuang barang yang lama, padahal sebenarnya barang tersebut masih layak pakai.
Tapi saya sekarang saya mengerti kenapa orang jepang suka ganti ganti barang dengan yang baru, hal ini saya alami sendiri dan saya mengerti. Pengalaman saya; Dulu saya membeli sepeda baru dengan harga 6500 Yen (kalou rupiahnya kira-kira 1 yen sama dengan 75 rupiah) dan setelah di pakai 1 tahun setengah karet rem belakannya rusak dan menghimpit sehingga sepeda saya tidak bisa jalan dan rusak, akhirnya masuk bengkel dan harga ganti rem yang rusak biaya pasang seharga 5000 yen,waAAAH saya terkejut sekali harganya mahal sekali, akhirnya pikir pikir banyak yang mana bagus perbaiki, atou buang sepeda dan beli sepeda yang baru lebih bagus.

Ini rem belakang yang rusak seharga 5000 yen.

Dan ada satu lagi pengalaman yang meng herankan, dulu saya membeli sebuah taplak meja kotatsu (kotatsu adalah meja yang biasa di pakai di Jepang,yang mengeluarkan panas di pakai sewaktu musim dingin.) yang berukuran tebal seharga 1250 yen, sewaktu musim dingin berlalu pastilah ini taplak meja tak terpakai lagi dan harus di cuci , karena ukuran nya besar harus di cuci di laundry servis, waktu terima nota saya terkejut bukan main ongkos cucinya 1500 yen,,,uahhhhh mahal lebih mahal dari harga yang baru,,, sambil ngomel kenapa saya tidak buang aja itu taplak dan membeli yang baru,,,waAAAAAAh

Tinggal di Jepang saya tidak mau masuk bengkel dan laundry lagi,kalou mau lebih baik beli yang baru saja lebih murah dan barangnya juga jadi baru. Saya pikir ecologi di Jepang perlu tapi kita juga harus hidup hemat , kalau kita pikir yang mana penting ecologi,mengurangi sampah ,atau hidup lebih hemat dengan membeli barang yang baru.

1 comment:

Booru Handmade & Craft said...

wah pantes kok orang bilang hp dibuang, komputer dibuang, ternyata servisnya mahal ya...