12 July 2007

undergraund

Dari pengalaman yang saya lihat di negara Jepang ini khususnya daerah Tokyo, sudah sangat di penuhi oleh populasi kendaraan roda empat berbagai jenis. Sakin banyaknya kendaraan/mobil tentunya banyak juga memerlukan lahan lahan parkir, tapi untuk membuat tempat parkir memerlukan lahan tanah yang cukup besar, sedangkan harga tanah di Tokyo Jepang ini sangatlah mahal sehingga sangatlah jarang saya lihat ada lahan parkir yang biasa yang berukuran besar. Adapun lahan parkir yang berukuran besar biasanya :

[1]
Parkir berdisen seperti bangunan bertingkat yang berlantai cukup tinggi sehinnga bisa nampung mobil yang cukup banyak. Parkir seperti ini munkin sudah banyak di indonesia .

[2]
tapi ini ada parkir yang cukup unik dan sangat moderen .

Ya,, seperti gambar di atas merupakan suatu gambaran parkir di Jepang yang cukup moderen yang sekilas kita susah menebak dengan bangunan begitu bagus dan lumayan kecil menjadi tempat parkir. Ternyata tempat parkir ini memakai sistem putaran, mobil masuk di dalam kotak kotak seperti lemari lokar yang kosong, otomatis akan berbutar dan tersimpan, saat mengambil mobil kembali, tinggal membayar di mesin dan menekan nomor tempat mobil parkir, maka otomatis mobil kembali.

[3]
Adalagi tempat parkir seperti andergraund, maaf maksudnya tempat parkir di bawah t anah bahkan lebih jelasnya di bawah jalan raya ada terdapat tempat parkir, tempat parkir seperti ini juga sangat sering kita temukan di Tokyo ini. Tapi yang paling penting yaitu di jepang, ongkos parkir sangaatlah sangat mahal.

No comments: