30 July 2007

Cari rumah di jepang

Ada hal yang menarik dan sangat merepotkan di Jepang ini saat kita akan mencari atau menyewa rumah untuk tempat tinggal. Cara mendapatkan kontrakan/sewaan tempat tinggal sangatlah berbeda dengan di indonesia, kita tidak harus mencari langsung ke tempat sewaan dan langsung ketemu dengan pemilik sewaan, lalu bernegosiasi, waktu cocok harga bayar lalu bisa tinggal.
Adapun cara kita untuk mendapatkan rumah sewaan di jepang ini, kita harus datang suatu kantor ejen yang spesial menyediakan tempat tinggal bahasa Jepangnya 'fudousan-ya' /agen perumahaan. Karena di Jepang ini pemilik kontrakan tidak langsung mengelola kontrakannya sendiri melainkan menyerahkan tanggung jawab kepada fudousan-ya, jadi jangan heran kalau kita tidak perna lihat yang namanya bapak kos atau ibu kos. Kantor fudousan sangatlah banyak di Jepang , biasanya kantor fudousan terdapat di dekat dekat terminal kereta, dan di tempat tempat strategis lainnya. hampir semua kantor fudousan cara dan syarat syarat sewaktu menyewa rumah hampirlah sama, mungkin ada sedikit perbedaan biasanya dari junmlah komisi yang di ambil. Terus terang selama saya tinggal di Jepang ini hal yang paling repot adalah sewaktu mencari rumah kontrakan, karena terlalu banyak persyaratannya dan terlalu banyak mengabiskan uang, adapun persyaratan persayatan sewaktu mencari rumah di Jepang ini, yang umumnya adalah sebagai berikut;


  1. Yachin /uang sewa

  2. Shikikin /uang jaminan
    #Biasanya uang jaminan ini akan di titipkan kepada pemilik rumah ,dan sewaktu akan pindah biasanya sebagiang uang akan di kembalikan#

  3. Kanrihi /biaya perawatan
    #biasanya uang perawatan ini di pakai untuk biaya perawatan kembali rumah saat kita keluar dari kontrakan# Jangan heran kalau sewaktu masuk rumah kontrakan pasti kondisinya seperti baru dan sangat bersih.

  4. Reikin \uang tanda terima kasih

  5. Chukairyou /uang jasa untuk ejen

  6. Dan masih banyak lainnya yang harus di bayar seperti harus masuk asuransi kebakaran, dan lain lainya.

Adapun hal yang paling penting sewaktu menyewa rumah adalah kita harus memili SPONSOR. orang yang bertanggung jawab kalau seandainya saya tidak bisa bayar kontrakan maka sponsorlah yang harus bertanggung jawab, dan terkadang hasil gaji/pendapatan juga harus ada karena ejen juga takut kasih ruah kepada sembarang orang.

Harga rumah juga sangat berpariasi tergantung ktagori sbb;

Lokasi rumah, jauh dekatnya dari stasiun kereta, lantai berapa, so pasti ukuran rumahnya dong, dan masih banyak lainnya. Sewa rumah di Jepang benar benar repot.
Nb; Rumah yang di maksud biasanya berupa Apartemen /apa-to. Karena biasa masyakat Jepang menyewa apartemen, lebih murah di banding rumah.

2 comments:

imera said...

nama saya imera kira2 ada yang bisa bantu gak sih untuk cari apartemen yang dekat dengan univ.waseda tokyo..kalau ada boleh dong info ke e-mail aku era_syahrul@yahoo.com

Allid ReXa said...

permisi, kira2 harganya brp tmpt tinggal di sana yha? thnx.